Bluekuthuq

Group musik yang didirikan pada tahun 1991 ini pada awalnya hanya merupakan band sekolah.Band ini dibentuk sekedar untuk menyalurkan hobi saja tanpa ada maksud tertentu,hal ini dikarenakan keterbatasan skill para personilnya.Pada awalnya mereka mengisi acara di lingkup sekolahan dimana pada awalnya mereka memainkan musik jenis thrash metal/pokoknya metal.
Nama Bluekuthuq dipakai karena spontanitas belaka tanpa ada makna luas yang berakibat perpecahan umat.mereka pakai nama itu karena terdengar lucu dan kocak,sampai sekarang pun nama tidak memiliki arti khusus buat para personilnya.
Baru pada tahun 1993 selepas lulus SMA Bluekuthuq mulai masuk acara di kampus dengan langsung memainkan musik mereka sendiri.Pilihan mereka memainkan lagu sendiri dikarenakan keterbatasan skill.Pinginnya mereka memainkan lagu mirip dream theater tapi apa daya tangan tak sampai buru buru beli alat, buat ongkos sewa studio aja ngamen dulu.
Seiring dengan waktu pada tahun 1995 Bluekuthuq membuat album sendiri yang berisikan 11 lagu. Dimana pada saat itu dengan titel Bluekuthuq black cover album sempat beredar 200 keping.Meski terjual relatif sedikit namun album indie ini memberikan efek samping yang luar biasa karena album ini ternyata banyak beredar di luar kota surabaya,Sehingga nama Bluekuthuq mulai dikenal lebih luas diluar kota surabaya dan berkesempatan untuk tampil dibeberapa acara musik diluar kota surabaya khususnya di kampus-kampus.
Pada tahun 1997 Bluekuthuq membuat loncatan baru dengan ikut serta kompilasi metalik klinik I yang diproduksi oleh rotorcorp-musica record.Dimana lagu ngerap berhasil masuk dalam tangga lagu di radio radio swasta di indonesia.
Sudah tidak terhitung lagi pergantian personil dan jumlah album yang dikeluarkan oleh Bluekuthuq sejak berdirinya sampai sekarang.tapi pada tahun 2009 ini Bluekuthuq akan mengeluarkan sejumlah lagu baru dalam satu album

1 comment:

KaVi_BorLaNd said...

gw dah dengerin nich band punya lagu.. lumayann..