Oppie Andaresta

memiliki nama asli Ovie Ariesta dan dilahirkan di Jakarta pada 20 Januari 1971. Wanita berdarah Padang yang lahir dari komunitas potlot ini dikenal banyak membawakan lagu-lagu bernuansa kritik sosial,
memulai kariernya sebagai Ovie, pada 1990 'bidadari badung' ini pernah merilis single Satu Macam Saja dengan nuansa pop-rock. dia juga sempat duet dengan Mayangsari lalu bertrio dengan Mayangsari dan Lady Avisha membawakan lagu-lagu slow rock.
Namanya mulai melejit kala merilis album pertamanya sebagai Oppie Andaresta yang bertajuk Albumnya Oppie pada 1993. Judul album yang tepat, karena selain diproduseri sendiri, lagu-lagunya juga sebagian ditulis sendiri, dan warna musiknya memang beda dengan yang selama ini dibawakan 'Ovie'. Single andalannya "Cuma Khayalan" langsung menjadi hits kala itu. Tembang andalan lain dari album ini adalah "Cuma Karena Aku Perempuan" dan "Pasir Putih".
Oppie kemudian merilis album Bidadari Badung pada 1995 dengan menawarkan sentuhan rock n' roll blues ala potlot. album yang menurut saya adalah album terbaik seorang oppie andaresta, lalu disusul album Berubah pada 1998.
cukup lama oppie vakum setelah album ketiga tersebut dan namanya semakin jarang terdengar di kalangan pecinta musik tanah air. mungkin salah satu penyebabnya adalah karenaOppie menikah dengan Kurt Kaler, warga negara Amerika keturunan Jerman pada 23 September 2000 di Mesjid Pondok Indah, Jakarta Selatan.
hingga pada 2001 di Album keempatnya, Hitam Ke Putih, Oppie berubah menjadi lebih dewasa. Album yang berisi 20 lagu dengan dua single andalan yang berjudul "Hanya Kau Yang Bisa" dan "Aku Pernah" ini perilisannya sempat dicekal pihak Kejaksaan Negeri dengan alasan yang tidak pasti.
Tahun 2003 Oppie kembali merilis album bertajuk Lagu Bagusnya Oppie, kali ini dengan menggandeng Universal Music Indonesia. Album ini berisi dua lagu terbaru, "Bintang Jatuh" dan "Asal Tau Sama Tau" serta 10 lagu terdahulu dengan aransemen baru. Lagu-lagunya yang dulu kondang seperti "Cuma Khayalan", "Na Na Na", "Untung VS Buntung", "Ingat-Ingat Pesan Mama", dan "Cuma Karena Aku Perempuan" hadir di Lagu Bagusnya Oppie. Namun tak satu pun lagu dari album keempat, Hitam ke Putih yang dimunculkannya. Alasannya, muatan lagu-lagu di Hitam ke Putih yang beredar dua tahun lalu masih fresh dalam konsep sound dan aransemennya.
Di awal tahun 2009 ini, Oppie kembali meluncurkan singel "I Am Single, I Am Very Happy". Yang berbeda dengan sebelumnya, Oppie tidak merilis album, melainkan hanya singel. Hal ini lantaran keprihatinannya akan tingkat pembajakan album yang cukup tinggi di Indonesia.

--Satu Macam Saja (1990) - single
--Albumnya Oppie (1993)
--Bidadari Badung (1995)
--Berubah (1998)
--Hitam Ke Putih (2001)
--Lagu Bagusnya Oppie (2003)
--I Am Single, I Am Very Happy (2009)

1 comment:

Herman Maulana said...

wow.....
Opy Keren...!!