Cara Merekam Guitar ke PC / Notebook

Ada beberapa cara untuk merekam gitar ke komputer. Ini bervariasi dari mulai dengan kabel gitar ke komputer yang sederhana sampai dengan yang menggunakan kabel USB. Semua cara ini sangat mudah melakukannya.

Langkah 1
Hubungkan headphone/line out dari ampli gitar ke line in soundcard komputer. Yang diperlukan untuk ini adalah sebuah Kabel Audio dari Gitar ke Komputer yang mempunyai jack standard pada ujungnya, dan sebuah mini-jack pada ujung satunya lagi.

Langkah 2
Hubungkan gitar elektrik secara langsung ke soket mic-in pada sound card. Cara ini tidak menghasilkan rekaman kualitas tinggi untuk seorang profesional tapi bisa cocok untuk amatiran.

Langkah 3
Menggunakan sebuah perlengkapan USB yang bisa menyederhanakan proses rekaman. JamLab adalah salah satu peralatan berdasrkan USB yang cukup populer, didisain secara khusus untuk gitaris. JamLab mengubah komputer PC atau Mac menjadi sebuah sistim gitar tanpa memerlukan tambahan peralatan lain kecuali guitar. JamLab menghubungkan secara langsung ke komputer via sebuah koneksi USB yang sederhana, dan memanfaatkan sebuah input ¼ inch untuk gitar.

Langkah 4
Menggunakan M-Audio Fast-Track USB adalah cara lain yang sederhana untuk melakukan rekaman dengan mudah ke notebook/laptop. Hubungkan M-Audio Fast Track USB ke port USB dari komputer dan kita siap untuk merekam. Fast Track USB mempunyai sebuah input untuk instrument musik seperti gitar, bas dan keyboard, plus sebuah input microphone untuk merekam vocal atau suara instrument akustik lainnya.

Langkah 5
Banyak musisi profesional akan menggunakan peralatan USB yang mengkombinasikan input Audio dan output MIDI. Cara ini cocok untuk seorang gitaris yang menginginkan sebuah solusi home studio lengkap pada komputer PC atau Mac. Tascam memiliki dua unit, (US-122L dan US-144) yang sangat populer karena kemudahan dalam penggunaannya.

Langkah 6
Metode merekam gitar yang profesional adalah menggunakan sebuah microphone untuk merekam output dari ampli (untuk para gitaris elektrik), atau gitar akustik. Cara ini akan menghasilkan sebuah suara yang kurang “bersih”, tapi beberapa gitaris (yang ingin menghasilkan suara seperti White Stripes) akan lebih suka suara “retro” ini.

posted by : pelopor.wordpress.com

2 comments:

budel said...

gan...ijin copas...thx.

beebill said...

monggo...
semoga bermanfaat :)