Jeff Beck

Jeff Beck adalah gitaris Inggris yang pernah bergabung dengan The Yardbirds dan membentuk Jeff Beck Group. Dia kemudian menjalankan kari solo yang panjang.
Dia merupakan salah satu gitaris 1960an yang bereksperimen dengan electronic distortion (terdengar dalam album Yardbirds Roger the Engineer tahun 1966) yang membuat definisi baru sound dan peranan gitar elektrik dalam musik rock. Mereka mengantisipasi apa yang kemudian dieksplorasi Jimi Hendrix.

Kelemahan Beck terletak pada kesulitan penyesuaian kemampuan instrumental diri sendiri dalam kimiawi grup. Mungkin satu-satunya grup yang sanggup mengimbangi kemampuannya adalah Jeff Beck Group, namun dominasinya yang berlebihan membubarkan grup setelah membuat dua album. Belakangan ini, dia menyerap pengaruh techno dan menciptakan satu paduan gitar rock dan elektronika yang disebut sebagai electro guitar.

Seperti musisi rock 1960an yang lain, Jeff Beck mulai berkarir sebagai gitaris sessi di London. Dia bergabung dengan The Yardbirds yang ditinggal Eric Clapton pada tahun 1965 dan bersama Jimmy Page memainkan gitar dual-lead. Keberadaan dia menghasilkan banyak hits untuk Yardbirds. Namun setelah 18 bulan, dia meninggalkan band ini karena stres.

Tahun berikutnya, Beck membentuk Jeff Beck Group dengan merekruit Rod Stewart pada vokal, Ron Wood pada bass, Mick Waller pada drums dan Nicky Hopkins pada piano. Jeff Beck Group membuat dua album, Truth (1968) dan Beck-Ola (1969). Ketidak-cocokan antara mereka mengakibatkan Rod Stewart dan Ron Wood berpaling ke The Faces. Truth menginspirasikan Jimmy Page untuk membuat Led Zeppelin I.

Jeff Beck membubarkan Jeff Beck Group pada tahun 1972 dan membentuk power trio yang bernama Beck, Bogert, and Appice, dengan Tim Bogert pada bass dan Carmine Appice pada drums. Tidak mendapat perhatian pers, grup cepat bubar, meskipun menghasilkan satu hit dengan sebuah cover lagu Stevie Wonder - "Superstition". Beck di kemudian hari bermain gitar lead dalam album Stevie Wonder, Talking Book.

Selanjutnya pada tahun 1975, Beck membuat album solo instrumental bergaya jazz fusion dengan judul Blow by Blow. Blow by Blow disambut positif oleh pers dan pendengar dan menempati posisi ke 4 di chart AS. Tahun berikutnya, Beck berkolaborasi dengan keyboardist Jan Hammer dan membuat Wired dengan konsep yang sama dan meraih kesuksesan yang sama

Selama 1980an dan 1990an, Jeff Beck membuat album secara sporadis, antara lain Flash (1985) (menampilkan Rod Stewart dan Jan Hammer), Guitar Shop (1989), Crazy Legs (1993) dan Who Else (1999).

Tahun 2001, lagu “Dirty Mind” dari You Had It Coming memenangkan Grammy Award ketiga buat Beck dalam kategori “Best Rock Instrumental Performance”. Tahun 2003, album berjudul Jeff menunjukkan Jeff Beck tetap memainkan gaya electro guitar yang dimainkan dia dalam dua album terakhir, dan lagu “Plan B” memenangkan dia Grammy Award keempat dalam kategori yang sama.

Discography

Album

1968 Truth
1969 Beck-Ola
1971 Rough and Ready
1972 Jeff Beck Group
1973 Beck Bogert & Appice
1975 Blow by Blow
1976 Wired
1977 Beff Jeck With the Jan Hammer Group Live (Live)
1980 There and Back
1985 Flash
1989 Jeff Beck's Guitar Shop
1992 Frankie's House
1993 Crazy Legs
1999 Who Else!
2001 You Had It Coming
2003 Jeff

1 comment:

Dwi said...

Nich dia salah satu gitaris favoritku...., thank infonya sobat...