Seven Strings Guitar

adalah Steve Vai yang mempelopori penggunaan gitar 7 senar saat ia masih bersama David Lee Roth Band menggarap mini album pertama mereka Crazy From the Heart pada tahun 1985. Saat itu Steve merasa perlu untuk sekali memainkan nada rendah demi mengimbangi nada bass Billy Sheehan yang sering menyetem bassnya dengan drop tuning (DADG). Juga tetap menjangkau nada tinggi standar demi menyamai lengkingan vokal David.
Atau singkatnya Steve membutuhkan gitar yang mempunyai range lebih dari 4 oktaf agar ia lebih leluasa dalam memilih nada yang dimainkan. maka pabrik Ibanez menjawabnya dengan membuatkan gitar 7 senar. Senar ke-7 tersebut bernada B rendah dan diletakkan diatas senar ke-6 yang bernada E. Gitar Ibanez tersebut juga sudah dilengkapi dengan locking dan tremolo system dan Floyd Rose.
tetapi di album terebut, Steve belum mampu bermain maksimal dalam penggunaan tujuh senarnya. begitu pula pada saat ia memperkuat formasi Whitesnakes di tahun 1989 dan tampil di album Slip of the Tongues.
Baru pada tahun berikutnya 1990 saat ia memunculkan album solo gitar passion and Warfare, di situ baru benar-benar terdengar kedahsyatan gitar tujuh senarnya tersebut. album ini kemudian menjadi salah satu album solo gitar terbaik dan esensial.
Gitar Tujuh senar juga dipakai oleh John Petrucci Dream Theater. ia memakai gitar seperti ini dengan alasan yang sama dengan Steve Vai agar dapat lebih leluasa dalam memilih dan memainkan nada.
menurutnya gitar standard dengan enam senar sangat terbatas untuk musik ribet macam neo progressive yang memang diusung Dream Theater.
Pada Tahub 90-an. Gitar 7 senar juga marak dipakai oleh para gitaris dari band-band seperti Deftones, Korn, atau Limp Bizklit. tetapi mereka menggunakannya untuk alasan yang berbeda dengan pendahulu mereka.
mereka menggunakan 7 senar demi memudahkan memainkan nada dasar B. karena para vocalis band-band tersebut merasa berat jika harus menjangkau dari nada dasar E.
mereka kadang malah tidak pernah memainkan nada tinggi walaupun sedang memainkan solo. dengan demikian mereka tidak memerlukan senar E tinggi (senar nomor satu pada gitar standard). itulah mengapa akhirnya muncul baritone Gitar (gitar enam senar dengan senar terendah B) yang setemannya dari rendah ke tinggi adalah B,E,A,D,G(atau F#) dan B sebanyak 2 setengah step. intinya baritone Gitar mempunyai seteman 2 setengah nada lebih rendah daripada gitar standard

4 comments:

yanuar catur rastafara said...

wah
kalau pakai string 7 aku lum pernah nyoba boss
pasti sulit yach
hehehehehe

ardianz said...

wih, gimana bunyinya tuh bos ?

Dwi said...

wah pengen nyoba 7 strings nich bos...

ekosulistio said...

aku ga bisa maen gitar... mau diajarin ta???