Isu Gempa di Jawa Timur

Tadi pagi ketika baru tiba dikantor saya mendapat berita yang cukup mengagetkan dari teman kerja, "ntar jam 1 siang ada gempa di Jawa Timur."
Dalam hati sebenarnya cukup was-was dan takut apabila hal itu memang benar, tapi tidak begitu saja saya percaya hingga akhirnya saya cari kebenaran berita tersebut di Internet.
cukup lama saya browsing di internet hingga mendapat jawaban seperti ini.

Sejumlah warga Kota Surabaya resah. Sebab ada kabar jika Kota Pahlawan berpotensi gempa berkekuatan besar.
Sumber kabar itu berasal dari situs jejaring sosial faceboook. Seorang facebooker mengirimkan pesan di dinding seorang jurnalis Surabaya Hendro D Laksono yang pesannya membuat siapapun yang membaca bakal meradang.
Bunyi pesan dari Qusnul Tauhid itu adalah: "Surabaya Berpotensi Gempa Pukul 01.00 kekuatan 8,8 SR (Sumber BMKG)". Entah dari mana asal usul kabar itu, apalagi menyebut waktu akan terjadinya gempa.
Benarkah? Hendro mendapat kabar itu kontan terkejut. Dia yang menghubungi detiksurabaya.com mencoba mengklarifikasi kebenaran kabar itu.
"Info itu bener?" tanya Hendro, Rabu (7/10/2009). "Apa benar?" tanya seorang facebooker ini kembali.
Selain itu, facebooker lainnya juga deg-degan. Sebab mereka juga menerima informasi bahwa Jawa Timur berpotensi gempa besar. Di facebook, isu gempa akan terjadi lagi ini telah meluas.
Dari penelusuran detiksurabaya.com, isu itu sudah dibantah oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dalam situs resminya BMKG mengklarifikasi isu yang meresahkan tersebut.
"Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan bahwa isu akan terjadi gempabumi dengan skala besar adalah isu belaka. Masyarakat diharapkan tidak percaya akan isu tersebut. Sampai saat ini, belum ada teknologi yang mampu mendeteksi kapan, dimana serta kekuatan gempabumi akan terjadi".
Seperti dilansir situs BMKG, bahwa prediksi gempa bumi masih dalam taraf penelitian. Parameter prediksi adalah lokasi, besarnya dan waktunya. Perkiraan lokasi dan besarnya gempa dapat saja dilakukan, namun tantangan yang paling sulit adalah menjawab kapan gempa tersebut terjadi.
--detik.com--

silakan ambil kesimpulan sendiri. namun apapun itu yang pasti saya pribadi tetap waspada dan selalu berdoa agar selalu diberikan yang terbaik kepada Allah SWT. Amien

2 comments:

ekosulistio said...

aku jadi takut nich..... moga aja aman2 saja

AMIN said...

Negara kita memang negara rawan gempa. Kita harus slalu wasapada...