Gary Moore

Gary Moore bisa dibilang salah satu musisi blues terbaik dari dataran Britania.
Ia lahir di Belfast, Irlandia Utara 4 April 1952. seperti yang lainnya, ia beralih ke rock n' roll setelah mendengar Elvis dan The Beatles.
Dunia Blues sendiri mulai dikenalnya setelah melihat Jimi Hendrix dan Jhon Mayall's Bluesbreakers manggung di kampung halamannya.
Peter Green adalah salah satu pengaruh besarnya untuk memahami permainan gitar blues sebagai seni tersendiri yang memicunya untuk mulai terjun. Green yang kebetulan juga mendorong karirnya lewat album "Blues for Greeny" yang dirilis pada 1995.
Band pertamanya, Skid Row yang beranggota 3 orang teken kontrak dengan label CBS tahun 1970.
Gary pindah ke Dublin dan menghasilkan 3 album dan mulai jadi band pembuka untuk band2 besar pada saat itu.
hingga akhirnya ia berpisah dengan skid row dan memulai solo karir. namun entah mengapa ia membentuk Thin Lizzy dengan mengajak kembali Phil dan sempat mengadakan tour "Black Rose" di tahun 1978.
di tahun 1979, ia kembali mencoba bersolo karir dengan munculnya single hit "parisienne Walkaways" yang mengandalkan selera blues-nya dan masih bervokal Phil. single itupun menduduki 10 besar Inggris bulan itu dan albumnya sendiri "Back on the Streets" sukses di pasaran.
Akhir 70an dan awal 80an bisa dibilang adalah usaha tak henti-hentinya dalam mencari karakter
musikalnya. reuni lagi dengan Phil Lynort menghasilkan single hit "Out in the Fields". disini dia
mengekspolarisakan akarnya lewat "Wild Frontier"(1987), dan akhirnya pada 1990 lewat album "Still Got the Blues", ia mencapai puncak kreativitas dan kebebasan bermusiknya.
dari sini dapat terlihat kehebatannya yang sekelas Albert King dan Albert Collins. Tahun 1994 ia
bekerjasama dengan Ginger Baker dan Jack Bruce bersama band BBM, sempat menelorkan satu album. solo karirnya kemudian menghasilkan "Back to the Blues" dengan 10 track bernuansa blues kental yang juga menunjukkan bahwa Gary masih konsisten di jalur Blues yang menjadi ciri khas nya.



1 comment:

Raymond Turnip said...

Gary Moore memang gitaris blues-rock yg jenius. Aku paling suka lagu Still Got The Blues dan Parisienne Walkways.

Kedua lagu Gary Moore ini, lagu The Supernatural (Peter Green) dan lagu Since I've Been Loving You (Jimmy Page - Led Zeppelin) lah yang membuatku jatuh cinta pada musik blues.

Jimmy Page dan Gary Moore adalah Dewa Gitar terhebat sedunia.