Axl Rose

vokalis Guns n Roses yang paling dicintai sekaligus dibenci oleh fansnya sendiri dan yang paling disalahkan atas pecahnya formasi GnR ini memiliki nama asli William Bruce Rose atau lebih dikenal sebagai Axl rose lahir di Lafayette, Indiana, US. Ayahnya meninggalkanya saat dia berusia 2 tahun. setelah dewasa, Axl banyak menghabiskan waktu di kelas2 Terapi karena masa kecilnya yang suram, Axl juga berkata pada publik bahwa dia mengalami sexual abuse oleh ayah biologisnya.

seiring berjalannya waktu keadaan tidak kunjung membaik setelah ibunya menikah lagi dengan Bailey, Axl kembali diperlakukan dengan kasar oleh ayah tirinya . Axl kecil tumbuh di lingkungan gereja yang ketat, dia rajin bertandang ke gereja antara 3 sampai 8 kali setiap minggunya. Dan mulai mengasah kemampuan vokalnya dengan menyanyi di gereja bersama kedua saudara tirinya sehingga mereka disebut sebagai "Trio Bailey".

perlakuan kasar Bailey sewaktu kecil membuat Axl menolak menggunakan "Bailey" sebagai nama marganya kelak ketika dia berganti nama menjadi Axl. Axl junior belum menyadari bahwa Bailey adalah ayah tirinya hingga dia berusia 17 tahun saat tanpa sengaja dia menemukan kertas2 dokumen tentang pengadopsian dirinya.

dan dimulai dengan terkuaknya kebenaran tersebut Axl menjadi lebih "liar". Dia bahkan beberapa kali berurusan dengan polisi dan diusir dari rumah karena menolak memotong rambutnya.
Axl bertemu dengan Izzy Straddlin di sekoah mengemudi dan keduanya dengan cepat menjadi teman baik dan mulai bermain band bersama Tracii Guns. Namun, pada periode ini Izzy sempat meninggalkan rose untuk mengadu nasib di Los Angeles guna lebih fokus di musik.
karena hal ini pula Axl memutuskan meninggalkan Lafayette dan memulai petualanganya dengan mengembara hingga pada akhirnya bertemu kembali dengan Izzy dan terus bersama dengan petualanganya untuk tetap survive di L.A.

The Most Dangerous Band in the World mulai terbentuk dengan bertemunya duo axl dan izzy (Hollywood Rose) dengan tracii guns(L.A. guns) pada 1985 sehingga melebur menjadi Guns N Roses termasuk Duff McKagan dan Ole Beich, kemudia Tracii hengkang dan diisi oleh Slash dan Steven Adler. Bersama formasi ini mereka merekam album EP pertama yang berisi 4 lagu "Life ?!*@ Like a Suicide" dibawah naungan label mereka sendiri, UZI Suicide pada desember di tahun yang sama.

Menyusul kemudian album major perdana mereka "Apetite for Destruction" yang dirilis di 21 juli 1987. Album debut super ini pada awalnya kurang dikenal dan hanya terjual 500 ribu kopi di tahun pertama rilis, Album ini pada akhirnya terangkat memuncaki no 1 tangga lagu Billboard Chart 200 berkat konser live dan hit "sweet child o'mine" yang sukses mengangkat Apetite for Destruction hingga 15 kali Platinum dan terjual lebih dari 27 juta kopi. Dan kemudian hadirlah GNR Lies. Buntut kesuksesan GnR Di era 88-90an ini nama Axl Rose begitu terkenal luas dan dipuja meski sebenarnya keadaan di dalam Band sendiri mulai tumbuh masalah, salah satunya dipecatnya manajer mereka, Alan Niven dan digantikan oleh Doug Goldstein, lalu masalah Steven dengan drugs & alkohol yang mengakibatkan ditendangnya Steve dan posisinya diisi oleh Mat Sorum.

Dengan materi lagu yang berlimpah, dirilislah Use Your Illusion I dan II pada 17 desember '91 yang menduduki posisi #1 dan #2 di chart Billboard, ini adalah dobel album pertama yang menduduki posisi tersebut. kedua album itu bahkan sukses bertengger disana sampai 108 minggu. Sebelum dirilis GnR terlebih dulu mengadakan tur promo panjang selama 28 bulan dengan Dizzy Reeds sebagai anggota tetap ke enam yang berhasil menyita perhatian musik rock dunia dan sukses meraih kesuksesan finansial dari tur tersebut.

namun banyak juga kejadian kontroversial dari tur tersebut. Perilaku Axl di atas panggung pun kerap memancing kerusuhan bahkan berbuntut nyawa seperti di 1988 Monsters of Rock Castle Donington, , karena hal tersebut GnR di beri label "the most dangerous band in the world" , kejadian lain yang patut disorot juga sewaktu konser di saint louis dalam promo album UUI sewaktu memainkan Rocket Queen, axl mendapati ada seorang fans yang merekamnya dengan kamera, melihat hal itu secara spontan axl langsung terjun ke tengah crowd merebut kamera tersebut, membantingnya lalu berujar "Thanks to the lame-ass security, I'm going home!". Penghentian konser secara tiba tiba membuat penonton mengamuk dan merusak stage serta peralatan GnR. Atas kejadian tersebut Axl dinyatakan bersalah dan diwajibkan membayar denda $50.000. Begitupula di konser GnR yang sepanggung dengan Metallica. Karena cedera lengan yang dialami oleh james heitzfield (karena terbakar pyrotechnics secara tidak sengaja ) sehingga membuat Metallica mengakhiri konsernya lebih cepat dari yang direncanakan. Untuk mengisi hal itu, diharapkan GnR mampu melunasi kekecewaan para fans, namun setelah bermain hanya dalam waktu 50 menit axl menyudahinya dengan berkata “Thank you, your money will be refunded”, massa pun mengamuk lagi. Tidak cukup sampai disitu hobi Axl menghentikan show di tengah acara nampaknya masih berlanjut hingga 11 Juni 2006, Guns N' Roses Download Festival di Donington Park karena Axl mendapati barang yang dilempar ke atas panggung.

Selama tur tersebut, Axl megakuisisi royalti penggunaan nama band mereka dari para personil lainya. Hal tersebut menyebabkan ketegangan internal dan berujung pada hengkangnya Izzy di 7 november '91 dan digantikan Gilby Clark selama 2 tahun lalu di replace lagi oleh teman masa kecil Axl Paul Tobias.
disaat itu pula Slash marah hingga cabut kemudian disusul oleh Matt Sorum dan Duff, meninggalkan Axl dan Dizzy Reed sebagai personil era Use Your Illusion yang tersisa.

Slash dan Duff yang telah hengkang sempat berhadapan dengan Axl untuk mencegah dirilisnya Greatest Hits dimana mereka gagal. di tahun 2005 mereka kembali menuntut Axl atas royalti lagu lagu mereka. Selain tetap eksis di GnR versi Axl, Axl juga kerap muncul di berbagai side project seperti ikut menyumbang vokalnya di album angel down Sebastian Bach ex-Skid Row.

3 comments:

endangaxl said...

Sebagian manusia diseantero jagat pasti kenal nama ini, AXL ROSE, lengkap dengan kelakuan ajaibnya. Tapi gua ngga peduli gimana AXL, yang pasti gua udah cinta mati & ngga ada yang bakal bisa ngerubahnya, meski performancenya sekarang juga ngga sedap dipandang. Tapi AXL tetaplah AXL, ngga ada yang bisa ngerubahnya, termasuk ngerubah posisi dia dihati gua...

h4sn4 said...

Tapi begimanapun juga GNR tetap band hebat yang perlu diacungi jempol, karna karya-karyanya yang spektakuler dan seluruh albumnya banyak yang meledak di pasaran.

sibaho way said...

salam 3 jari

welcome to the jungle!