Captha

Buat Sobat yang sudah pernah dan terbiasa melakukan browsing atau berinternet pasti pernah melakukan yang namanya registrasi e-mail atau account lainnya.
Atau Anda yang hobi ngeblog pasti udah pernah ngasih comment ke blognya orang lain. Nah dalam melakukan comment atau registrasi itu pasti menemui yang namanya Captha.
sadar ga, pada Saat mendaftar email pada salah satu form yang harus diisi ada satu form yang mengharuskan kita menuliskan karakter aneh yang ada dalam gambar?
Gambar itulah yang merupakan salah satu jenis captcha.

Mungkin sobat bertanya-tanya, fungsinya apa seh?
Secara singkat, captcha dipakai untuk memastikan bahwa yang mengisi form yang bersangkutan adalah human (manusia) sehingga meminimalisasi terjadinya proses spamming.
Para spammer memilki ‘mesin‘ untuk untuk melancarkan aksinya. Ulah para spammer ini akan lebih terasa bagi Anda yang memiliki blog tapi tanpa software atau tools antispam. Anda akan lihat banyak sekali comments yang isinya gak jelas (iklan atau untaian huruf tanpa makna). Bagi Anda yang ingin melihat contoh spam bisa mengunjungi blog orang yang mendaftar di blogsome.

Gambar (statis) berisi karakter yang harus diketikkan oleh user hanyalah merupakan salah satu jenis captcha. Captcha jenis ini menurut saya memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:

Kalo karakternya terlalu aneh dan ga jelas bentuknya, maka user-lah yang akan dibuat repot. Mengapa? Karena user gak bisa mengenali tulisan apa yang ada di dalam gambar makanya ia mengetikkan kata yang salah sehingga sistem tak mau melayaninya karena “Ga lulus”
Kalo karakternya telalu sederhana kemungkinan para spammer bisa saja memakai software untuk mengenali tulisan yang ada di image yang kemudian diterjemahkan ke dalam teks.

2 comments:

ekosulistio said...

iya aku sering bgt liat tu..... kadang jg salah ketiknya...

budiawanhutasoit said...

thanks ya utk informasinya...
spam memamng menyebalkan...