Trend Musik Indie

Belakangan ini, band-band indie makin banyak bermunculan. Meski angka penjualaan album mereka rata-rata baru berkutat di angka 50 ribu kopi, namun angka segitu untuk ukuran indie sudah cukup bagus. Hebatnya pula, gaya mereka malah jadi trend tersendiri. Sebenarnya apa sih indie band itu?.
Indie berasal dari kata Independent. Niatan awalnya adalah anti trend. Seperti diketahui, bukan hal mudah bagi banf baru untuk bisa masuk dapur rekaman milik perusahaan rekaman besar (major label).
Berbagai pertimbangan menyangkut kualitas band dan selera pasar sangat menentukan sebuah band bisa rekaman atau tidak. Nah, daripada frustasi merenungi nasib sial lantaran ditolak terus oleh label mayor, beberapa band nekad membuat dan menjual album sendiri.
Untuk promosinya mereka melakukan segala macam cara, misalnya menempel selebaran di halte-halte bus, tiang listrik, warung kopi, sekolah-sekolah, kampus-kampus, atau lewat media yang sedang kita pakai sekarang ini Internet.
Cara lain adalah dengan membuat kostum sendiri, biasanya berupa T-shirt dengan rancangan unik, dan tentusaja nama band biasanya tak ketinggalan untuk dicantumkan. Selain dipakai sendiri, sisa kostum juga dijual kepada teman-teman mereka.
Pada perjalanannya, ternyata banyak orang menyukai desain kostum-kostum tersebut. Akhirnya kostum yang mulanya hanya diproduksi kurang lebih 10 sampai 20 potong lama kelamaan diprodulsi sampai ratusan bahkan ada yang sampai ribuan potong!!
Bukan cuma itu, anak-anak Indie juga bikin handband, sabuk, sarung tangan, sepatu, dan aksesoris yang biasa buat mereka on stage.
Jalur distribusi akhirnya berkembang dengan banyak dibukanya outlet-outlet khusus yang menjual produk-produk indie. outlet-outlet inilah yang akhirnya disebut distro.
Seiring dengan berjalannya waktu, distro sekarang sudah banyak tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti di tanah kelahiran saya sejak kecil Surabaya. saking banyaknya distro, banyak anak-anak ABG atau anak muda yang bingung buat nentuin mana distro yang memiliki 'stok barang' paling bagus. karena semuanya bagus-bagus.

No comments: